Jumat, 22 Juni 2012

HATI MISI


Lukas 5:27-32

Terobsesi (T1)
Bagaimana respon Yesus terhadap orang Lewi dalam bacaan di atas?

Pengajaran
Tuhan Yesus merupakan teladan yang sempurna bagi para murid karena Dia memiliki hati seorang murid, yaitu hati misi. Yesus mengungkapkan sebuah pernyataan yang hebat dan luar biasa, yang menggambarkan keadaan hati-Nya, “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetpi orang berdosa, supaya mereka bertobat.”

Hati misi dalam diri Yesus tidak diskriminasi. Ketika bertemu dengan seorang pemungut cukai bernama Lewi, Yesus langsung mengajaknya untuk mengikuti-Nya. Sekalipun para pemungut cukai adalah orang-orang yang paling dibenci dan dimusuhi orang Yahudi, tetapi justru Yesus memilih mereka.

Lewi pun menerima Yesus sebagai juru selamatnya dan menjadi murid-Nya. Setelah itu, dia mengadakan perjamuan besar dirumahnya dengan mengundang Yesus dan teman-temannya sesama pemungut cukai. Saya percaya bahwa pesta itu bukan hanya sekedar sebuah perayaan, tetapi juga kesempatan untuk memperkenalkan Yesus kepada teman-teman pemungut cukai lainnya, sepaya mereka pun bisa bertobat dan mengalami keselamatan. Inilah hati misi. Hati misi adalah hati seorang murid. Kita belum bisa dikatakan menjadi murid, jika belum memiliki kerinduan untuk membawa keselamatan bagi orang lain.

Rindukah kita memiliki hati seperti Lewi, yang mengajak orang lain untuk menjadi Murid Kristus, setelah Yesus mengajaknya untuk menjadi murid-Nya? Sekalipun ini diceladan ditentang oleh orang-orang Farisi dan Saduki, yang menggambarkan keduniawian?

Terasimilasi (T2)
Mari kita membayangkan jika kita seperti si Lewi itu, yang setelah bertobat, terus-menerus membawa keluarga dan sahabat-sahabatnya untuk mengenal Yesus.

Terstimulasi (T3)
Marilah kita menguji hati kita. Setelah mendengar firman Tuhan, apakah kita berespon seperti Lewi? Atau sebaliknya, seperti orang Farisi dan ahli Taurat? Bagikanlah berkat 3T hari ini kepada mereka yang membutuhkannya.

 Ayat hafalan:
Lukas 5:32 “Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.”

Milik hati misi, peduli akan jiwa yang masih terhilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar