Sabtu, 23 Juni 2012

SIKAP DAN MOTIF BERDOA


Matius 6:5-8

Terobsesi (T1)
Sikap berdoa yang bagaimanakah yang diajarkan Yesus?

Pengajaran
            Tentu semua orang Kristen mengetahui Doa Bapa Kami, yang diajarkan Tuhan Yesus. Jika kita melihat Doa Bapa Kami, Yesus tidak hanya mengajarkan tentang isi doanya saja, tetapi juga sikap dan motif doa. Hal ini yang sering kali terabaikan. Banyak orang Kristen hanya melihat isi doanya, tanpa menjaga sikap dan motivasinya dalam berdoa. Padahal, inilah yang sangat penting. Murid Tuhan harus mengetahui tentang sikap dan motif doa yang benar.
            Berikut ini, beberapa sikap dan motif dalam berdoa, yang harus dijauhi murid kristus. Sikap dan motif ini, harus kita buang jauh-jauh, saat kita menghampiri Bapa di Sorga.
1. Kemunafikan
    MUNAFIK atau “Muka Nabi Fikiran Kotor”, adalah orang yang menampilkan wajah, cara bicara, ekpresi yang terlihat seperti orang kudus, tetapi kelakuannya sangat berbeda. Hati dan sikap, berbeda jauh. Ciri lainnya dari orang munafik adalah, selalu ingin lebih menonjol (ay 5).
2. Suka bertele-tele.
  Seorang murid harus hidup terbuka dan jujur apa adanya. Orang yang bertele-tele adalah cermin dari kurangnya pengenalan akan Tuhan (ay 7). Akibatnya, menjadi kurang percaya kepada Tuhan. Hidup jujur, terbuka dan sederhana, adalah sikap yang harus dimiliki seorang murid.
           Ketika berada dalam hadirat-Nya, kita harus menyadari bahwa Tuhan yang kita sembah, adalah Pribadi yang maha tahu. Ia mengetahui, apa sesungguhnya motivasi kita dalam berdoa dan memohon sesuatu hal kepada-Nya. Apakah itu untuk kepentingan pelayanan, untuk Tuhan, atau hanya untuk pribadi? Bahkan untuk tujuan yang kurang berkenan? Dia tahu semuanya.

Terasimilasi (T2)
Mari kita membayangkan jika kita menyembah Tuhan dengan sikap dan motivasi yang berkenan pada-Nya.

Terstimulasi (T3)
Bagaimanakah sikap dan motif kita dalam berdoa kepada Tuhan selama ini? Sudahkah kita membuang kedua hal di atas? Melali renungan hari ini, mari kita belajar sikap dan motif seorang murid, dalam berdoa. Bagikanlah berkat 3T hari ini kepada mereka yang membutuhkannya.

Ayat hafalan:
Matius 6:8 “Jadi janganlah kamu seperti mereka (orang munafik dan bertele-tele), karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.”


Munafik dan bertele-tele, menghambat doa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar