Senin, 28 Januari 2013

Dosa Penghalang Kasih Karunia




Hakim 6:1-6
T1
Menurut Anda, dapatkah dosa menghalangi kasih karunia Allah?

Pengajaran :
Sahabat, saya percaya, sebagai anak Kerajaan, kita adalah orang-orang yang diberkati. Karena memang itulah janji Tuhan kepada kita. Raja Daud berkata bahwa seumur hidupnya, dia belum pernah melihat orang benar hidup susah, atau anaknya meminta-minta roti. Namun, lepas dari semua itu, pada kenyataannya kita masih melihat adanya orang Kristen  yang hidup susah dan melarat. Mengapa ini bisa terjadi? Disebabkan karena mereka masih hidup dalam dosa. Oleh karena dosa itu, mereka belum mengalami kasih karunia Tuhan.            

Dalam bacaan di atas, kita melihat orang Israel, yang sudah hidup di Tanah Kanaan, tetapi hidupnya masih melarat. Ini disebabkan karena mereka hidup dalam dosa penyembahan berhala (ayat 1). Akibatnya mereka tidak mengalami kasih karunia Tuhan dan bahkan dijajah oleh bangsa Midian selama 7 tahun. Selama itu pula, bangsa Israel hidup dalam ketakutan (ayat 2). Mereka pasti punya rumah, tetapi Alkitab berkata bahwa mereka tinggal dalam gua-gua di pegunungan. Sungguh menderita.
            
Ketika mereka selesai menabur, maka datanglah orang Midian, Amalek dan orang-orang dari sebelah timur, mencuri dan menjarah habis semua benih yang mereka akan tanam. Akibatnya, selain melarat, bangsa Israel juga mengalami kelaparan yang luar biasa, karena tidak bisa menabur benih untuk ladang mereka (ayat 3-4). Bahkan jika ada benih yang sempat tumbuh, maka tuaiannya segera dijarah oleh musuh.
             
Bukankah kita juga sering mengalami hal seperti ini? Sudah melayani dan menabur, tetapi tidak menuai. Sudah bekerja membanting tulang, tetapi hasilnya tidak maksimal dan tetap miskin. Mengapa bisa demikian? Jawabannya: mungkin masih ada dosa tersembunyi dalam hidup kita, yang menghalangi Kasih Karunia Allah dinyatakan. Oleh karena itu, kita harus bertobat dan menerima kasih karunia Tuhan yang memampukan kita melakukan pilar Kasih Karunia. Pada MS selanjutnya, kita akan membahas satu-persatu pilar kasih karunia itu.

T2.
Bayangkanlah bahwa Anda adalah orang yang sungguh-sunggguh menyadari, adanya dosa yang amsih tersembunyi. Akui dosa itu dihadapan Tuhan dan bapa rohani kita, dan bertobatlah.

T3.
Sahabat, dosa menghalangi kasih Karunia Tuhan. Oleh karena itu, jika masih ada dosa yang kita lakukan, bertobatlah! Dapatkan berkat kebenaran hari ini dan bagikanlah kepada mereka yang membutuhkannya.

Ayat hafalan:  
Hakim-hakim 6:6b – “...Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN.”

Dosa Menghalangi Kasih Karunia Tuhan Dinyatakan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar