Senin, 21 Januari 2013

Hak Untuk Berkuasa




Roma 5:12-21
T1
Menurut Anda, dapatkah manusia berkuasa atas dosa?

Pengajaran :
Biasanya setiap pagi, saya suka minum secangkir teh pahit (tanpa gula). Setelag memasak secerek air sampai mendidih, maka saya langsung menuangkan air mendidih yang masih mengepul itu, ke dalam sebuah cangkir atau gelas. Setelah itu, saya segera mencelupkan sekantung teh celup ke dalam cangkir berisi air panas itu. Dalam sekejap, air panas yang tadinya bening,  langsung berubah warna menjadi kecoklatan, sesuai warna teh tersebut.

Ketika melihat peristiwa ini, tiba-tiba Tuhan berbicara dalam hati saya. Sebagaimana hanya dengan sebuah teh celup, dapat mempengaruhi secangkir air panas yang bening menjadi berwarna coklat, demikianlah pengaruh dosa atas kehidupan manusia seperti yang dijelaskan oleh Paulus dalam Roma 5:12, yang berbunyi, “Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.”

Yeremia pun menjelaskan bahwa tidak ada seorang manusia yang sanggup melawan dosa. “Bahkan, sekalipun engkau mencuci dirimu dengan air abu, dan dengan banyak sabun, namun noda kesalahanmu tetap ada di depan mata-Ku, demikianlah firman Tuhan ALLAH.” – Yeremia 2:22. Manusia tidak mampu dan memang tidak akan pernah mampu mengatasi dosa. Untuk itu, Tuhan turun tangan.

Allah yang penuh kasih, segera bertindak untuk mengatasi dosa dan permasalahannya. Ia mengutus Yesus untuk membereskannya. Dengan dosa yang dibereskan, maka manusia kembali memperoleh kuasa untuk mengalahkan dosa dengan kuasa dari Tuhan. Paulus berkata, “Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.” Haleluyah!

T2
Bayangkanlah bahwa Anda adalah mendapatkan kasih karunia, sehingga kita bisa menang dan berkuasa atas dosa.

T3
Sudahkah Anda mengalami kebenaran ini dalam hidup Anda? Bangkitkanlah iman Anda dan alamilah kuasa Tuhan. Dapatkan berkat kebenaran hari ini dan bagikanlah kepada mereka yang membutuhkannya.

Ayat hafalan:  
Roma 5:17 – “Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.”

Kalahkan Dosa dengan Kuasa Tuhan! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar