Rabu, 30 Januari 2013

Pilar Kasih Karunia 2




Hakim 6:1-6, 6:28
T1
Menurut renungan MS hari ini, apa pilar kedua kasih karunia?

Pengajaran
Pada MS kemarin, kita sudah mempelajari tentang Pilar 1 Kasih Karunia, yaitu memiliki iman sesuai standar firman Tuhan. Selanjutnya kita harus melakukan Pilar 2 Kasih Karunia, yaitu Membersihkan Hati Kita Sesuai Firman Tuhan.

Sebagaimana yang dikatakan dalam Hakim 6:28, bahwa ketika orang-orang di kota bangun di pagihari,  tampak mezbah Baal, telah dirobuhkan Gideon. Tugu Baal juga sudah ditebang. Sebagai gantinya, Gideon membangun mezbah Tuhan dan mempersembahkan seekor lembu di sana. Gideon mengambil keputusan yang sangat tepat, yaitu bertobat dan membersihkan berhala dari kehidupannya dan bangsanya. Gideon tahu, bahwa penyembahan berhala inilah yang menyebabkan dirinya dan bangsanya, jatuh dalam dosa dan menghalangi kasih karunia Tuhan.
             
Sahabat, demikian juga yang harus kita lakukan. Dosa tersembunyi apa yang masih melekat dalam hati kita? Baik disadari atau tidak, disengaja atau tidak, tidak perduli kecil atau besar, dosa menghalangi yang baik terjadi pada kita. Mari kita ijinkan Roh Kudus membersihkan hati kita dari dosa-dosa tersembunyi yang masih melekat didalamnya. Biarkan firman Tuhan menegur kita akan dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan dan bertobatlah!
             
 Sahabat, ketika hati kita dibersihkan oleh firman-Nya, maka potensi-potensi yang tadinya masih tersembunyi, mulai nampak. Seringkali, baru kita menyadari adanya potensi-potensi itu, ketika hati kita telah bersih. Potensi atau karunia itu, jika dilakukan dengan kasih Tuhan, akan membawa kita semakin maju ke level berikutnya, karena Tuhan juga turut bekerja didalamnya.

T2.
Bayangkan bahwa Anda adalah orang yang bertobat atas dosa-dosa yang masih tersembunyi dalam hati Anda.

T3.
Sahabat, mari kita membersihkan hati kita, sesuai nasihat dan teguran firman Tuhan yang kita renungkan. Dengan demikian, kita akan mengalami kasih karunia Tuhan. Bagikan kebenaran hari ini, kepada mereka yang membutuhkan, khususnya di kamit.

Ayat hafalan:  
Hakim 6:28 –“Ketika orang-orang kota itu bangun pagi-pagi, tampaklah telah dirobohkan mezbah Baal itu, telah ditebang tiang berhala yang di dekatnya dan telah dikorbankan lembu jantan yang kedua di atas mezbah yang didirikan itu.”

 Dengan Hati yang Bersih, Potensi-Potensi tersembunyi Menjadi Nampak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar