Selasa, 22 Januari 2013

Inisitif Tuhan





Markus 4:35-41

T1
Apa yang terjadi ketika Tuhan berinisiatif dalam kehidupan kita?

Pengajaran :
Sahabat, kita patut bersyukur bahwa kita memiliki Tuhan yang selalu berinisiatif atas hidup kita. Namun ingat, tidak semua inisiatif Tuhan selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jika kita merenungkan peristiwa di man Yesus dan para murid-Nya menghadapi badai dahsyat di tengah danau Galilea, kita menemukan bahwa keberangkatan mereka menyeberangi danau adalah atas inisitif Yesus. Pertanyaannya, apakah Yesus yang maha tahu, tidak mengetahui bahwa akan terjadi badai? Jika dia tahu, mengapa Dia memerintahkan mereka tetap berangkat?
Pertanyaan selanjutnya, apakah murid-murid-Nya tidak tahu akan terjadi badai? Sebagai seorang nelayan berpengalaman, pastilah mereka dapat membaca tanda-tanda cuaca bahwa sebentar lagi, akan terjadi badai dahsyat di tengah danau. Tetapi para murid tetap mematuhi perintah gurunya, hal yang patut diteladani.
Terkadang memang Tuhan “sengaja” membawa kita ke tengah badai masalah. Bahkan Dia yang berinisiatif  melakukannya. Mengapa? Dengan tujuan untuk membuat kita sadar, bahwa kita memiliki Tuhan yang dahsyat, yang sanggup melakukan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang sanggup melakukan mujizat dan tidak pernah meninggalkan kita. Ketika mereka menghadapi badai itu, Yesus tidak melarikan diri, tetapi Dia menghadapinya bersama para murid-Nya.
Selain itu, melalui hal ini, kedewasaan kita akan diuji. Seandainya kita merasa akan terjadi masalah, masihkah kita tetap taat kepada-Nya, sebagaimana para murid dalam kisah di atas? Masihkah kita tetap bertahan dan tidak takut, tetapi terus melangkah bersama Yesus mencapai kemenangan? Masihkah kita tetap percaya kepada Yesus? Semuanya teruji, ketika kita menghadapi tantangan.

T2.
Bayangkan bahwa Anda adalah orang yang selalu bersyukur kepada Tuhan, sekalipun Dia mengijinkan badai permasalahan terjadi di hidup Anda, supaya Anda bisa melihat kemuliaan-Nya dinyatakan!

T3.
Mari berkomitmenlah untuk selalu bersyukur atas semua inisiatif Tuhan, sekalipun kelihatannya kurang menguntungkan kita. Bagikan berkat kebenaran yang Anda peroleh hari ini kepada mereka yang membutuhkan, khususnya kawan-kawan di kamit.

Ayat hafalan:  
Markus 4:39, - “Ia pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.”

Taatlah Pada Inisiatif Tuhan, Sekalipun Tidak Menguntungkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar