Kamis, 21 Februari 2013

Benih Masa Depan-Sisi 3


Kejadian 39:1-6 

Menurut Anda, apakah sisi ketiga dari benih masa depan? 

Pengajaran :
Sisi pertama, memiliki iman Kerajaan Kekal dan sisi kedua, memiliki impian kehidupan  dari keempat sisi yang menghasilkan benih masa depan yang cerah, telah kita pelajari dalam perenungan 2 MS sebelumnya. Sekarang kita akan membahas sisi ketiga dari benih masa depan, yaitu memiliki ilmu. Pertanyaannya, mengapa harus ilmu? Apakah tidak cukup hanya dengan “beriman” saja?
Iman memang baik dan benar. Namun, untuk memiliki masa depan yang cerah dalam kehidpuan rohaniah dan jasmaniah, tidak cukup hanya dengan beriman dan memiiki visi. Kedua hal ini untuk mendatangkan masa depan rohaniah yang cerah, tetapi untuk masa depan jasmaniah yang cerah, diperlukan ilmu. Bukankah kita ingin memiliki masa depan yang cerah, dalam kehidupan rohaniah dan jasmaniah? Ilmu adalah kemampuan untuk me-manage diri. 

Sahabat, Yusuf memperlihatkan hal ini, ketika bekerja pada Potifar. “Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.” (Kejadian 39:2). Kata “menyertai”, bisa diartikan bahwa Tuhan memberikan hikmat kepada Yusuf untuk menyelesaikan semua pekerjaannya, sehingga dia berhasil. Inilah yang dimaksud dengan ilmu.
Jadi, untuk mencapai masa depan yang cerah, kita tidak boleh mangabaikan ilmu. Orang yang beriman, disukai Tuhan. Tetapi orang yang beriman dan berilmu, akan dipercayakan Tuhan dalam pekerjaan pelayanan. Orang yang beriman, belum tentu siap dan cakap dalam melayani, tetapi orang yang beriman dan berilmu, sudah pasti siap dan cakap dalam melayani sesuai panggilannya. Jadilah anak kerajaan yang beriman dan berilmu. 

T2. Bayangkanlah bahwa Anda adalah anak kerajaan yang beriman kerajaan, memiliki impian kehidupan dan berilmu. 

T3. Sudahkah Anda mengalami kebenaran ini dalam hidup Anda? Sudahkah kita menyadari bahwa selain iman, ilmu juga penting? Dapatkan berkat kebenaran hari ini dan bagikanlah kepada mereka yang membutuhkannya. 

Ayat hafalan:  
Kejadian 39:2 – “Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.”

Iman dan Ilmu adalah Pasangan yang Saling Melengkapi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar