Minggu, 10 Februari 2013

Prinsip-Prinsip Kerja Dalam Perjanjian Lama (02)

Kel 34:21, Amsal 6:6, 30:25  
Apakah anda sudah tahu bahwa prinsip kerja dalam Perjanjian Lama mengajarkan agar setiap orang harus bekerja ?

(2)  Setiap Orang Harus bekerja
Seperti yang telah disampaikan diatas, tiap-tiap orang harus memperlengkapi diri untuk menjadi seorang pekerja yang handal. Bekerja itu berarti kemuliaan dan kebahagiaan tetapi sebaliknya, jika seseorang tidak mau bekerja, itu akan menjadi malapetaka yang diliputi dengan perasaan malu karena orang yang tidak mau bekerja berarti orang tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya.

Dalam Kel 34:21 terkandung prinsip penting yang diberikan Tuhan kepada umatNya. Prinsip tersebut adalah, “Jika manusia itu bekerja keras dan memliki rasa cinta, hormat dan taat kepada Tuhan, maka pekerjaan yang dilakukannya selama enam hari tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.” Tuhan tidak asal menetapkan suatu peraturan tetapi Ia tahu bahwa apa yang Ia katakan itu pasti dan benar. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kita yang mencintai dan mengasihi Tuhan untuk berkata bahwa hasil bekerja selama enam hari yang ditetapkan Tuhan tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup kita. 

Namun sebaliknya jika kita tidak mengasihi Tuhan, bekerja keras setiap hari tanpa istirahat pun akan tetap dirasakan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kita. Hidup kita terasa  makin susah, dan samakin ia bekerja semakin ia rasakan bahwa apa yang ia dapatkan tetap tidak cukup, karena Tuhan tidak pernah memberkati pekerjaan dan usahanya.
Yang selalu ditekan pada ayat diatas, biasanya pada poin istirahat satu hari dalam seminggu. Tetapi perhatikan bahwa ayat ini mengatakan, “Enam hari lamanya engkau bekerja.” Itu adalah perintah, bukan pilihan. Kemalasan dikutuk. Setiap orang memberikan sumbangannya dalam mendukung keluarganya. Oleh karena itu pergunakan waktu yang ada dengan baik sehingga pada hari kudus Tuhan, sebagai orang percaya bisa memuliakan Tuhan di rumah Tuhan.

Dalam Amsal 6:6, 30:25 ,Allah memerintahkan untuk mengamati semut dan belajar darinya. Semut bekerja keras untuk mengumpulkan makanan agar dapat hidup pada setiap musim. Ingatlah bahwa kerja di masa kini mencakup segala sesuatu yang dilakukan untuk melangsungkan kehidupan keluarga, bukan sekadar kerja dalam suatu usaha (bersambung).

T.2 Bayangkan  bahwa saudara adalah murid Kristus yang selalu mau bekerja keras.

T.3 Marilah kita  terus bekerja dengan giat sampai hidup kita bisa diberkati Tuhan dan dapat menjadi berkat bagi orang lain. Bagikanlah berkat 3T hari ini kepada setiap mereka yang membutuhkan kebenaran firman Tuhan ini.

Ayat Hapalan: Efesus  4:28 Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.

KEMALASAN MENDADANGKAN DOSA, KERAJINAN MENGHASILKAN BERKAT BAGI DIRINYA DAN ORANG LAIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar