Senin, 23 Juli 2012

Berbagi Kehidupan



2 Timotius 3:10

Apa yang dimaksud dengan berbagi kehidupan? Sudahkah Anda melakukannya?

Pengajaran :
            Sahabat, di dunia banyak orang-orang yang terkenal. Dari yang baik, sampai yang negatif. Misalnya artis, olahragawan, pejabat, konglomerat, hamba-hamba Tuhan, sampai diktator dan teroris. Orang-orang itu, memiliki banyak penggemar (fans). Para fans itu, secara tidak langsung mengharapkan agar, orang-orang itu dapat berbagi kehidupannya (transfer/impartasi) sehingga lambat-laun, bisa menjadi seperti orang-orang itu.
            Persoalannya adalah kehidupan yang dibagikan dari orang-orang itu. Teroris akan menghasilkan teroris juga. Tetapi jika kehidupan yang dibagikan adalah kehidupan yang kudus, maka hasilnya kudus juga. Berbagi/impartasi kehidupan ini, pasti akan dialami oleh semua orang. Bukankah manusia dibentuk oleh lingkungannya? Artinya lingkungan itu telah mengimpartasikan kehidupannya kepada manusia. Hal ini terjadi begitu saja secara spontan, tanpa diminta.
            Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk melihat bagaimana lingkungan kita dan dengan siapa saja kita bergaul. Hiduplah dalam pembapaan di gereja, karena kita akan menerima pembagian/impartasi kehidupan dari bapa/mentor kita.Selain itu, kita juga harus berbagi/impartasi kehidupan kita kepada orang lain. Suami impartasi kehidupan kepada istrinya, orang tua terhadap anak-anaknya, PKS terhadap anggota-angotanya, sponsor terhadap sponsee-nya, guru terhadap muridnya. Dengan cara ini bisa mengatasi/mengurangi dampak impartasi dari lingkungan yang kurang sehat.
            Paulus sudah memberikan teladan bagi kita dalam hal berbagi kehidupan. Dia mendapatkan impartasi kehidupan dari para Rasul dan dia juga membagikan kehidupannya, salah satunya kepada Timotius, lewat pemuridan.  Inilah salah satu pengertian dari One on One, yang dipraktekkan di gereja kita.

T2.
Bayangkanlah bahea kita adalah orang yang telah terimpartasi kehidupan dari bapa/mentor kita. Kita juga sudah mengimpartasikan kehidupan kita kepada orang lain, dalam lingkungan kita.

T3.
Sudahkah kita membagikan keidupan kita kepada orang lain? Sudahkah kita memuridkan orang lain dalam gereja? Prakktekan gaya hidup berbagi kehidupan dalam kamit masing-masing. Dapatkan berkat kebenaran hari ini dan bagikanlah kepada mereka yang membutuhkannya.

Ayat hafalan:  
2 Timotius 3:10 - Tetapi engkau telah mengikuti ajaranku, cara hidupku, pendirianku, imanku, kesabaranku, kasihku dan ketekunanku”

Sudah siapkah Anda mengimpartasikan kehidupan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar