Senin, 30 Juli 2012

Esensi Kehidupan



Lukas24:13-35

Apakah yang sedang dibincangkan kedua murid ini (ayat 13-16)?

Pengajaran :
Inti dari seluruh pemberitaan Injil adalah kematian dan kebangkitan Yesus. Kemenangan-Nya atas dosa melalui kematian-Nya dan atas maut melalui kebangkitan-Nya, adalah bukti bahwa Dia Allah. Dalam Markus 10:33-34, sebelum kematian-Nya Yesus sudah menceritakan kepada para murid-Nya perihal bagaimana kematian-Nya kelak. Nubuatan Yesus tentang kematian-Nya ini terbukti kebenarannya, beberapa hari kemudian.

Ketika kedua murid Tuhan yang sedang berjalan ke Emaus, mereka sedang membincangkan mengenai kematian Yesus. Mereka berbincang-bincang, tanpa menyadari kehadiran Yesus ditengah-tengah perjalanan mereka. Yesus sengaja bertanya dan mereka dapat menceritakan kepada Yesus keseluruhan kisah kematian Yesus secara mendetail.

Kedua murid itu memang mengetahui kisah nyata itu secara mendetail, tetapi mereka kehilangan esensinya. Ketika mereka kehilangan esensinya, mata mereka tertutup dan tidak bisa menyadari kehadiran Yesus di tengah mereka. Menyadari pernyertaan-Nya adalah esensi kehidupan yang sangat penting. Berapa banyak orang Kristen kehilangan esensi ini, sehingga mata rohani mereka tertutup dan menjalani hidup dalam kegelapan?

Kedua murid ini pun tahu bahwa Yesus telah bangkit, melalui kesaksian beberapa wanita dan malaikat, tetapi karena mereka telah kehilangan esensi kehidupan ini, maka sekalipun ada banyak yang bersaksi, bahkan malaikat sekalipun, tidak bisa meyakinkan mereka perihal kebangkitan-Nya.

Kedua murid itu memiliki kisah kematian daan kebangkitan Yesus, tetapi tidak memiliki esensinya, yaitu sadar akan kehadiran-Nya. Berapa banyak orang Kristen yang seperti ini? Padahal inilah esensi kehidupan! Kuasa kebangkitan Yesus dapat menyelamatkan, memulihkan, menyembuhkan, memberkati dan banyak hal-hal lainnya lagi yang dapat dilakukannya. Sebagai murid Tuhan, kita harus memiliki esensi ini. Masihkah Anda memilikinya?  

T2
Bayangkanlah bahwa kita adalah orang yang memiliki esensi kehidupan, yaitu menyadari kehadirannya dan memiliki kuasa kebangkitan-Nya yang dahsyat!
T3
Apakah Anda telah kehilangan esensi yang sangat vital bagi kehidupan Anda ini? Komitmen apa saja yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kembali esensi ini? Dapatkan berkat kebenaran hari ini dan bagikanlah kepada mereka yang membutuhkannya.

Ayat hafalan:  
Lukas 24:31 – “Ketika itu terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.”

Pengenalan akan Kristus dan Menyadari Penyertaan-Nya adalah Esensi Kehidupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar