Sabtu, 04 Agustus 2012

Hidup Disiplin



Amsal 4:23-27

Hal-hal apa saja yang harus kita jaga dalam kehidupan kita?

Pengajaran :
Seorang Murid Kristus memiliki kehidupan yang disiplin. Dalam Amsal 4:23-27, terdapat empat hal yang harus dijaga dengan kedisiplinan tinggi oleh para murid Kristus. Keempat hal ini yaitu hati, mulut, mata dan perbuatan.
1. Hati. Berbicara tentang hati, berarti berbicara mengenai sikap hati dan motivasi seseorang. Jaga hati dari pengaruh-pengaruh negatif, seperti kekecewaan yang berlebihan, marah, kepahitan, dll. Kondisi hati, akan mempengaruhi seluruh kehidupan kita. Kondisi hati yang tidak baik, akan membuat mulut kita selalu berkata negatif.
2.  Mulut. Jika hati kita sedang kecewa terhadap seseorang, maka kita akan terpancing untuk mengucapkan hal-hal yang negatif tentang orang itu. Dengan melakukan langkah pertama, maka mulut kita juga akan terjaga dan selalu mengucapkan hal-hal yang membangun orang lain, supaya mereka memperoleh kasih karunia.
3.  Mata. Mata adalah jendela hati. Dengan menjaga mata (penglihatan) kita, maka hati pun terjaga. Jagalah mata kita terhadap pengihatan-penglihatan yang jahat. Jika mata kita gelap, betapa gelapnya kehidupan kita. Pergunakanlah mata untuk melihat hal-hal yang baik dari firman Tuhan.
4.  Perbuatan. Mata Tuhan mengawasi apapun yang kita lakukan. Tetapi sayangnya, sering kali manusia tidak menyadari hal ini. Jauhkanlah langkah kaki kita dari jalan-jalan yang jahat.
           
Lakukanlah keempat hal ini dengan disiplin yang tinggi, maka kita akan menjadi murid Kristus yang baik.

T2
Mari kita membayangkan, bahwa kita sedang melakukandengan disiplin tinggi keempat hal di atas yang harus dijaga.
T3
Sudahkah kita hidup dengan disiplin? Sudahkah kita menjaga keempat hal ini? Bagikanlah berkat hari ini kepada mereka yang membutuhkan.

Ayat hafalan:  
Amsal 4:23 – “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Menjaga Hati, Mulut, Mata dan Perbuatan, Berarti Menjaga Hidup 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar