Senin, 20 Agustus 2012

Pertandingan Iman (1)


Ibrani 12:1-17
Apakah
anda sudah terlibat dalam pertandingan iman?

Dua ribu tahun lalu Bapa mengutus AnakNya untuk bertanding dalam perlombaan iman.  Bapa tidak memberikan mahkota atau Nama di atas segala nama, dan tidak menjadikan Dia Tuhan atas segala tuan karena Dia adalah AnakNya sendiri. Tidak! Bapa memahkotai Tuhan  Yesus, menganugerahi Nama di atas segala nama dan menjadikan Dia Tuhan atas segala tuan karena sebagai manusia Dia telah menyelesaikan dan memenangkan sebuah perlombaan iman, mampu melewati semua ujian, pencobaan dan rintangan. Apa rahasianya? Karena Dia memiliki ketaatan yang sempurna.  Dia taat sampai pada titik darah penghabisan untuk menggenapi seluruh rencana dan kehendak BapaNya. Itulah sebabnya, Yesus "Anak domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat dan kemuliaan, dan puji-pujian!" (Wahyu 5:12).
             
Sebagai umat tebusan Kristus kita ini adalah peserta perlombaan iman untuk memperoleh hadiah yaitu mahkota kehidupan.  Tuhan Yesus sendiri yang akan memimpin kita dan memberi kekuatan kepada kita sehingga kita beroleh kekuatan untuk menyelesaikan perlombaan itu  (Ibrani 12:2a).
             
Langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh supaya kita bisa memenangkan perlombaan iman ini? Langkah awal yang harus kita lakukan adalah menanggalkan semua beban dan dosa. Dosa adalah penghalang utama meraih kemenangan!  Penghalang lainnya adalah beban. Beban dapat menjadi kekuatan yang menghancurkan dan menggagalkan kita dalam perlombaan. Beban itu dapat berupa kekecewaan, kepahitan, letih lesu, rasa putus asa, penyesalan dan sebagainya.  Untuk dapat melepaskan segala beban itu kita harus datang kepada Yesus dan belajar kepadaNya (Matius 11:18-30). Orang yang letih lesu dan berbeban berat pasti tidak dapat berlomba dengan baik. Elia, nabi Tuhan, nyaris tidak mau melanjutkan tugas pelayanannya (perlombaan iman) karena larut dalam keputusasaannya (1 Raja-Raja 19:4).

T.2 Bayangkan  bahwa saudara adalah orang yang selalu terlibat dalam pertandingan iman.

T.3 Marilah kita dengan semangat yang menyala-nyala  tetap  giat dalam pertandingan iman sampai titik darah yang terakhir emi kemenangan kita terhadap segala tipu muslihat iblis.  Bagikanlah berkat 3T hari ini kepada mereka yang membutuhkan kebenaran firman Tuhan ini.

Ayat Hafalan : Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita."  Ibrani 12:1

MENANGKANLAH SETIAP PERTANDINGAN DENGAN NAMA KRISTUS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar