Kamis, 02 Agustus 2012

Kepekaan Illahi



Lukas 10:38-42

Bagaimana respon Yesus terhadap Maria dan Marta?

Pengajaran :
Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem, Yesus melewati Betania dan singgah di tempat tinggal Maria dan Marta. Marta adalah wanita yang suka melayani. Ia sangat bersukacita ketika Yesus singgah ke rumahnya. Jadi Marta sibuk menyiapkan makanan dan minuman untuk Yesus dan rombongan-Nya.
           
Sangat berbeda dengan Maria, Maria adalah orang yang memiliki tipe tenang. Dia lebih memilih untuk duduk, berbincang dan menemani Yesus di ruang tamu, dari pada membantu saudaranya di dapur. Itulah sebabnya, Maria duduk dekat kaki Yesus dan mendengarkan pembicaraan Yesus.
           
Melihat sikap saudaranya, tiba-tiba sukacita Marta hilang, karena Maria tidak membantunya. Sesungguhnya, yang membuat Marta kesal, karena dia tidak memiliki kepekaan Illahi. Yesus singgah di rumahnya, bukan hanya untuk rehat sejenak, tetapi tujuan utama-Nya adalah untuk membagikan sesuatu kepada mereka. Jika seandainya, mereka terus sibuk, kapan ada waktu bagi Yesus untuk membagikan maksud kedatangan-Nya?
           
Seorang murid harus memiliki kepekaan illahi akan rencana dan maksud Tuhan dalam hidupnya. Kepekaan illahi ini hanya dapat diperoleh, apabila memiliki persekutuan yang intim dengan Tuhan. Maria adalah contoh murid yang memiliki kepekaan Illahi, sehingga ia tahu apa yang harus dilakukannya, ketika Yesus singgah di rumahnya. Dia memilih yang terbaik.
           
Apakah Maria malas? Tidak. Dia adalah wanita yang meminyaki kaki Yesus dengan minyak Narwastu yang mahal harganya, sama dengan upah setahun pekerja harian ketika itu. Bagaimana Maria bisa memperoleh minyak mahal itu, jika tidak pernah bekerja keras? Maria bukan pribadi yang malas dan hanya bisa berdoa saja.

T2
Bayangkanlah bahea kita adalah orang yang memiliki kepekaan illahi dengan membina persekutuan yang intim dengan Tuhan.
T3
Sudahkah kita memilih tindakkan yang terbaik bagi hidup kita? Milikilah kepekaan illahi! Dapatkan berkat kebenaran hari ini dan bagikanlah kepada mereka yang membutuhkannya.

Ayat hafalan:  
Lukas 10:42 – “tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

Kepekaan Illahi Membuat Kita Menangkap Rencana & Tujuan-Nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar