Sabtu, 18 Agustus 2012

Mengasihi Sesama


Lukas 10:25-37
Apa yang telah dilakukan orang Samaria dalam bacaan di atas?

Pengajaran :
Mari kita merenung sejenak, jika seandainya cerita dalam ayat di atas, benar-benar terjadi dalam hidup kita. Ketika kita melewati sebauh jalan, kita menemukan seseorang yang sudah sekarat dan sangat membutuhkan bantuan, apa yang akan kita lakukan? Dimanakah kita menempatkan posisi kita? Seperti imam dalam cerita di atas? Atau seperti orang Lewi? Atau orang Samaria? Jawablah dengan jujur, sesuai kondisi kita.
Menjadi murid Kristus, tidka cukup jika kita hanya mengatakan bahwa kita mengaihi Tuhan dengan segenap hati dan jiwa. Yesus menegaskan bahwa kita juga harus mengasihi sesama, sebagaimana kita mengasihi diri kita sendiri.
Orang Samaria dalam kisah di atas bukan hanya menolong orang sekarat itu, tetapi juga menjamin orang itu, sampai pulih dan sembuh kembali. Dia memberikan pelayanan yang tuntas! Terkadang jika kita menolong seseorang, biasanya sempat terpikirkan, “Apa untungnya buat saya?” atau “Siapa dia, sampai saya harus menolongnya?”
Jika kita berpikiran seperti ini, maka tidak ubahnya kita juga sama seperti imam dan orang Lewi di atas. Contoh orang Samaria, adalah seseorang yang murah hati, mengasihi sesama dan mlayani sampai tuntas dan iklas, tidak memikirkan untung-ruginya sekaliupun harus berkorban. Mari kita belajar seperti orang Samaria ini dan kita mulai dari orang-orang terdekat kita.

T2
Mari kita membayangkan, bahwa kita berlaku seperti orang Samaria ini, yang perduli akan sesama dan menjadi jawaban atas kebutuhan orang lain, sampai tuntas.

T3
Mari kita membuka mata dan telinga kita lebar-lebar. Disekitar kita, masih banyak orang yang membutuhkan pertolangan kita. Sudahkah kita menjadi dampak dan melayani mereka sampai tuntas? Bagikan hal ini kepada teman-teman Anda di kamit.

Ayat hafalan:  
Lukas 10:36-37 – “Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke taeperti ngan penyamun itu?" Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"

 Pergilah dan Perbuatlah Seperti orang Samaria yang Baik Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar